Pantauan Harian Data Pandemi COVID-19 Indonesia 28-07-2021

Tulisan ini adalah hasil pantauan data pandemi COVID-19. Tampilan datanya dapat dilihat di tautan tersebut.

Pertambahan kasus positif harian nasional mencapai puncaknya pada tanggal 15 Juli 2021 dengan jumlah 56.757. Selanjutnya pertambahan kasus menurun tapi disertai dengan penurunan dan kenaikan drastis. Sebagai contoh, kasus positif harian pada tanggal 27 adalah 45 ribuan sementara sehari sebelumnya kasus positif harian berjumlah 28 ribuan atau hampir setengahnya. Jumlah kasus positif harian pada data terbaru tanggal 27 Juli menunjukkan kenaikan sebesar 60% dari hari sebelumnya. Pada periode 7 hari, jumlah kenaikan kasus selama 7 hari ke belakang mengalami penurunan sebesar 13% dari periode 7 hari sebelumnya.

Kasus aktif juga menunjukkan penurunan tapi tidak disertai naik turun drastis seperti pada kasus positif harian. Kasus aktif mencapai puncaknya pada tanggal 25 Juli dengan jumlah 574.135 kasus. Jumlah kematian harian ikut menanjak. Berbeda dengan kasus aktif atau kasus positif harian, jumlah kematian harian belum menunjukkan tren menurun. Data terbaru tanggal 27 Juli masih menunjukan jumlah kematian harian tertinggi dengan jumlah 2.069. Jumlah kasus harian pada tanggal 27 Juli mengalami penurunan sebesar 71% dari hari sebelumnya. Jumlah kasus aktif pada periode 7 hari ke belakang mengalami kenaikan sebesar 9% dari periode 7 hari sebelumnya. Jumlah meninggal dunia harian pada hari terbaru mengalami kenaikan sebesar 39% dari hari sebelumnya. Pada periode 7 hari, periode 7 hari terakhir mengalami kenaikan sebesar 33% dari periode 7 hari sebelumnya.

Jumlah vaksinasi dosis 1 harian mencapai puncaknya pada tanggal 9 Juli, tetapi kemudian mengalami tren menurun hingga sekarang. Jumlah vaksinasi dosis 2 harian mulai menunjukkan lonjakan signifikan mulai tanggal 24 Juli setelah sebelumnya membentuk tren mendatar.

Jumlah orang yang dites harian sekarang sedang mengalami tren menurun setelah sebelumnya mencapai puncak pada tanggal 22 Juli dengan jumlah 228 ribu tes. Jumlah tes harian tanggal 27 Juli naik 16% dari hari sebelumnya. Periode 7 hari terbaru naik 48% dari hari sebelumnya.

Semua jenis mobilitas di luar rumah menunjukkan tren menurun sejak jumlah kasus harian mengalami lonjakan.

Tingkat kematian mengalami kenaikan baik periode harian maupun 7 harian, tetapi mengalami penurunan jika memakai periode 30 hari.

Tingkat kesembuhan mengalami kenaikan pada periode harian dan 7 harian, tetapi mengalami penurunan dalam periode 30 harian.