Foto : Fusion Medical Animation (Unsplash)

COVID-19 Indonesia 2

Daftar Isi Visualisasi Data Pandemi COVID-19 Indonesia
(klik tautan untuk melihat)

COVID-19 Indonesia 1 (Nasional) :
Kasus Positif. Kasus Aktif. Kasus Positif – Sembuh – Meninggal Dunia. Vaksinasi. Jumlah Tes. Kasus Aktif – Vaksinasi. Positivitas Mingguan – Tingkat Kesembuhan – Tingkat Kematian. Perubahan Mobilitas Nasional.
COVID-19 Indonesia 2 (Nasional) :
Mobilitas, Mobilitas – Kasus Positif, Mobiitas – Kasus Positif – Vaksinasi. Korelasi Mobilitas Nasional. Korelasi Vaksinasi Nasional.
COVID-19 Indonesia 3 (Provinsi) :
Kasus Positif. Kasus Aktif. Sembuh. Meninggal Dunia. Kasus Positif – Sembuh – Meninggal Dunia. Perubahan Mobilitas Provinsi.
COVID-19 Indonesia 4 (Provinsi) :
Mobilitas. Kasus Positif – Mobilitas. Peringkat Mobilitas Provinsi. Korelasi Mobilitas Provinsi.
COVID-19 Indonesia 5 (Peta) :
Kasus Positif. Kasus Aktif. Sembuh. Meninggal Dunia.

 

Penjelasan

  • Dasbor ini menampilkan grafik-grafik garis time series untuk variabel mobilitas, kasus positif harian – mobilitas, dan kasus positif harian – vaksinasi harian – mobilitas pada skala nasional. Data yang ditampilkan mencakup waktu dari awal pandemi hingga sekarang.
  • Mobilitas
    Mobilitas yang dimaksud di sini adalah data pergerakan harian manusia yang diukur dari pemakaian gawai mereka yang berbasis sistem operasi Android. Data mobilitas yang dipakai bersumber dari Google Mobility Reports. Data mobilitas dikelompokkan menjadi data mobilitas di tempat tinggal, mobilitas di tempat kerja, mobilitas di retail dan rekreasi, mobilitas di taman, mobilitas di pusat angkutan umum, dan mobilitas di toko pangan dan apotek.
  • Kasus Positif Harian – Mobilitas
    Di dalam grafik ini, data mobilitas disandingkan dengan jumlah penambahan pasien positif harian. Angka-angka yang disandingkan merupakan angka mobilitas dan angka kasus positif harian yang telah distandarisasi. Proses standarisasi dilakukan supaya kedua variabel tersebut berada pada skala yang sama.
  • Kasus Positif Harian – Vaksinasi Harian (Dosis 1 dan Dosis 2) – Mobilitas
    Di dalam grafik ini, jumlah pertambahan pasien positif disandingkan dengan jumlah pertambahan vaksinasi (baik dosis 1 dan dosis 2) dan data mobilitas setiap harinya. Angka-angka yang disandingkan merupakan variabel-variabel yang telah distandarisasi, sehingga variabel-variabel tersebut berada pada skala yang sama.
  • Data yang dipakai di dalam dasbor ini adalah data untuk keseluruhan provinsi Indonesia.
  • Sumber data kasus positif harian, kasus aktif, dan vaksinasi harian yang dipakai dalam visualisasi data ini adalah dataset dari KawalCovid. Dataset KawalCovid itu sendiri bersumber dari Kementerian Kesehatan (Kemenkes) Republik Indonesia.